Kamis, 28 Januari 2016

16 Jenis Hewan Yang Berguna Bagi Tanaman (1)

Berkebun itu mengasyikkan.
 Bukan semata-mata saat melihat yang kita tanam itu tumbuh subur, lalu menghasilkan, baik bunga, buah, atau sekedar warna daun yang segar indah menyejukkan mata. Tetapi juga dari proses menanam yang kita lakukan baik di dalam pot, polibag, atau pun di tanah halaman ternyata kemudian mengundang komunitas lain berdatangan di sekitar tanaman dan kebun kita. Mulai dari hewan-hewan yang bersifat hama, namun tak sedikit pula hewan-hewan yang justru sangat berguna untuk tanaman kita.
 Mau tahu hewan-hewan apa saja yang berguna untuk tanaman tersebut?



Berikut 16 jenis hewan yang berguna bagi tanaman seperti bundaberkebun sadur  dari http://realestate.msn.com/16-bugs-gardeners-should-love

1.Kepik (lady bug)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
sumber; http://realestate.msn.com/16-bugs-gardeners-should-love
Serangga ini termasuk jenis kumbang. Bentuk tubuhnya yang kecil dengan ciri khas totol-totol hitam dengan latar belakang warna merah, oranye, kuning dan abu-abu.
Kegunaan kepik ini bagi tanaman adalah, kepik ini memakan hama tanaman berupa tungau, kutu putih, kutu daun dan lainnya. Bayangkan saja, satu ekor kepik dewasa sanggup memakan 100 ekor kutu daun sehari, sedangkan larva kepik menyantap 100 ekor kutu daun dalam satu jam! . Kepik juga menyantap telur-telur hewan hama tanaman, seperti belalang daun.

Kepik betah berada di dekat tanaman dandelion, wortel liar, bunga kosmos, dan bunga geranium. Kepik menyukai iklim lembab, loh.


2. Capung (dragon fly)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
sumber foto: wonderopolis.org
Spesies odonata ini memiliki panjang tubuh mulai dari 1 inchi sampai 6 inchi, bermata majemuk yang besar dan empat sayap tipis tranparan.
Capung memiliki warna aneka ragam yang menakjubkan, mulai warna biru, hijau, kunung, ungu dan merah. Mereka bertelur di atau dekat air, di mana anak capung muda hidup untuk sementara waktu.
Capung berguna bagi tanaman karena capung suka berpesta nyamuk, kutuh daun, dan hama kebun lainnya. Untuk memancing capung datang ke kebun, sediakan tempat atau kolam air buatan. Namun waspada juga akan jentik nyamuk yang hidup di dalam kolam atau tempat air tersebut ya, GardenLovers..

3.Laba-laba (spider)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
sumber: di sini
Laba-laba termasuk dalam spesies arakhnida. Ada antara 37.000 dan 40.000 spesies di seluruh dunia. Semua memiliki delapan kaki dan dua bagian tubuh dengan kepala kecil dan perut yang lebih besar. Besarnya mulai dari  hampir mikroskopis sampai jenis tarantula raksasa, yang rentang kakinya bisa mencapai 10 inci. Kebanyakan laba-laba pemalu dan tidak berbahaya. Laba-laba  yang berdiam di dalam rumah berbeda dari spesies laba-laba yang menyukai taman/kebun.

Manfaatnya: Laba-laba memakan serangga dalam jumlah besar, membunuh hama kebun lebih banyak dari semua hewan  bermanfaat lainnya digabungkan.
Hal yang menarik mereka: Sebarkan mulsa pada kebun; mereka menyukai kelembaban sebagai tempat  bersembunyi.

4. Kumbang Tanah (ground beetle)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
http://realestate.msn.com/16-bugs-gardeners-should-love

 Kumbang tanah umumnya berwarna hitam atau coklat dengan kaki yang kurus dan panjang. Mereka aktif di malam hari dan bersembunyi siang hari di bawah daun dan batu.

Manfaat: Mereka memangsa siput, yang merupakan musuh pecinta tanaman. Selain siput, kumbang tanah juga memangsa  sejumlah hama kebun lainnya juga, termasuk cutworms dan belatung akar. Mereka membersihkan kebun, menusuk bawah daun-daun jatuh serangga untuk makan.
Lokal: Banyak spesies yang tersebar di seluruh Amerika Utara.

Menarik mereka: Sertakan tanaman yang tumbuh rendah bagi mereka untuk bersembunyi di bawah, tumbuhan bayam-bayaman.

5. Cacing Tanah (worm)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
sumber: whatdowormseat.info
Makhluk ini bagi sebagian besar orang dianggap menjijikkan. Namun cacing tanah merupakan teman yang sangat berharga bagi para pekebun. Cacing tanah menjadikan  daun, kayu, rumput dan sisa-sisa buah  yang jatuh ke tanah menjadi kompos. Cacing tanah membuat terowongan di dalam tanah yang menjadikan udara dapat masuk, tanah menjadi gembur, dan air bisa meresap, sehingga memungkinkan akar tanaman  menyebar. Kotoran cacing kaya akan nutrisi yang berguna bagi tanaman.
Hal yang menarik mereka adalah sisa-sisa atau buah-buahan yang jatuh dan tak terpakai


6. Lalat Apung (hover fly)


http://www.bundaberkebun.blogspot.com
http://realestate.msn.com/16-bugs-gardeners-should-love

Dikenal juga dengan lalat bunga, lalat syrphid, dan lalat lebah. Penampilannya sekilas mirip lebah, dengan garis-haris horizontal hitam dan kuning, tetapi tidak mempunyai sengat.

Cara membedakan lalat apung dengan lebah atau tawon adalah sebagai berikut.
Lebah dan tawon memiliki empat sayap; lalat  apung hanya memiliki dua sayap. Lalat apung  dapat menggantung di udara seperti helikopter kecil, melesat dan melayang dari bunga ke bunga. Mereka bahkan bisa terbang mundur.

Manfaatnya: Mereka tidak hanya makan banyak kutu daun dan bertelur tepat di koloni kutu, tetapi larva lalat apung sangat rakus memakan kutu daun, ulat, kutu putih, dan  thrips. Selain membersihkan hama kebun, lalat apung juga  membantu penyerbukan bunga.

Tempat tinggal lalat apung ini di timbunan material tanaman, air, dan bahkan dalam sarang semut. Tanaman yang mengundang lalat apung datang adalah, peterseli, anek jenis bunga kosmos, dan bunga-bunga lainnya.


7. Green  Lacewing , hmm, kalau di Indonesia hewan jenis ini disebut apa ya? Ada yang bisa bantu?

http://www.bundaberkebun.blogspot.com
sumber: di sini
Seperti capung, lacewings hijau memiliki tubuh panjang  langsing dan sayap besar. Tapi sayap lacewing bahkan lebih halus, dan sayap hijau mereka ditutupi dengan jaringan seperti pembuluh darah. Mereka memiliki mata berwarna tembaga dan panjang, dan antena yang ramping .

Manfaatnya: lacewing dewasa makan kutu daun. Tapi nafsu makan lacewings bayi justru lebih besar sehingga mendapatkan nama "singa kutu." Bayi-bayi lacewingsterlihat seperti buaya kecil dan mereka juga makan tungau laba-laba, nimfa wereng, kutu putih, lalat putih, ulat dan hama kebun lainnya.
Tanaman yang memikat lacewings adalah kelompok bunga kosmos,  renda, adas dan tansy.


8. Kumbang (bumblebee)
http://www.bundaberkebun.blogspot.com
http://realestate.msn.com/16-bugs-gardeners-should-love


Serangga ini tubuhnya besar dan dengungannya terdengar bising, mirip dengungan lebah madu. Selain dengung, secara fisik lebah madu dan kumbang berbulu, hanya saja kumbang lebih besar, dengan warna sebagian besar berwarna hitam,   dengan garis-garis kuning, coklat atau sedikit merah. Mereka bersarang di tanah. Tidak seperti lebah madu, yang kehilangan sengatan mereka ketika mereka menyerang, sengatan kumbang  dapat ditarik dan digunakan lagi dan lagi.

Manfaat: Kumbang lebih efisien dalam membantu penyerbukan tanaman, disebabkan oleh ukuran tubuh mereka. Hanya saja jumlah koloni mereka lebih sedikit dibandingkan lebah madu.
Bunga favorit yang menarik minat mereka adalah  bunga matahari, pohon plum, semanggi, ceri, willoe dan seluruh tanaman berbunga di setiap musim.

Nantikan bagian keduanya ya...




7 komentar:

  1. paling geli .. lbh tepatnya jijik sih klo udh liat cacing .. bisa histeris sendiri, sering nemu kepik tuh di daun ... suka liat warnanya

    BalasHapus
  2. Ternyata gak hanya cacing tanah aja yang berguna untuk tanaman, namun ada juga hewan lain yang berguna untuk tanaman.. thanks infonya..

    BalasHapus
  3. bagian ke dua ko blum diposting bunda?

    BalasHapus

Halo...
Terima kasih sudah mampir dan baca. Kalau berkenan menorehkan jejak anda di sini lewat komentar, akan membuat saya makin senang. Tandanya, isi blog ini dibaca dan diharapkan dapat membawa manfaat, sekaligus komentarnya sangat membantu untuk perbaikan isi blog ini ke depannya. Jangan kapok datang lagi :)
Salam berkebun
Bunda Berkebun - Rebellina Santy